;

skripsi segala jurusan
anda butuh skripsi? di sini tersedia skripsi segala jurusan hingga 5500 judul dari berbagai universitas di Indonesia
atau mau uang 110 juta? temukan caranya di sini sekarang juga
KLIK DI SINI
http://www.pedagangskripsi.blogspot.com Ads premium
-



KLIK SALAH SATU iklan DIBAWAH UNTUK MENUTUP



Minggu, 18 November 2012

Gunung Batur Resmi Jadi Anggota Jaringan Geopark Global UNESCO

Minggu, 18 November 2012



Geopark Gunung Batur resmi dikukuhkan sebagai anggota jaringan geopark global dari UNESCO. Hal ini berarti Gunung Batur menjadi tempat kedua di Asia Tenggara yang masuk jaringan global itu setelah Langkawi, Malaysia.

Upacara resmi pengukuhan Geopark Gunung Batur sebagai anggota jaringan global geopark itu dilaksanakan pada Sabtu (17/11/2012), di Lapangan Kapten Mudita, Bangli, Bali. Pengukuhan Geopark Gunung Batur itu dilaksanakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu. Acara itu juga dihadiri para pejabat dari pusat dan pemerintah daerah, tokoh pendidikan Arief Rahman, serta para pengusaha industri pariwisata.

Jero Wacik menyatakan, Indonesia memiliki banyak potensi keanekaragaman bumi (geodiversity) yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Badan Geologi Kementerian ESDM telah mengidentifikasi keterdapatan 33 kawasan yang memiliki warisan geologis di seluruh Indonesia. "Ini prosesnya dimulai sejak saya menjabat sebagai Menteri Pariwisata. Yang saya daftarkan enam tempat yaitu Geopark Danau toba, situs geologis Merangin di Jambi, kars di Pacitan, Gunung Rinjani di Lombok, Raja Ampat di Papua, dan kawasan Gunung Batur," ujarnya.

Karena warisan geologis yang dimiliki, Gunung Batur dan sekitarnya di Kabupaten Bangli telah ditetapkan sebagai Geopark nasional kaldera Batur pada tahun 2010. Selanjutnya, Kementerian ESDM, Kementerian Parekraf dan Pemda Bangli mengusulkan geopark itu untuk memperoleh status anggota jaringan Geopark Dunia dari UNESCO. Akhirnya pada 20 September lalu di Portugal, Geopark Batur diterima sebagai anggota dari GGN UNESCO.

"Tugas kita ke depan adalah memuliakan bumi artinya menjaga lingkungan, dan menyejahterakan masyarakat sekitar Gunung Batur. Banyak impian muncul, treking sepeda harus ada, panjat tebing, semua bisa menjadi dollar," kata Jero Wacik.

Sementara itu, Mari Pangestu menyambut baik keberhasilan Geopark Nasional Kaldera Batur yang resmi diterima menjadi anggota Jaringan Geopark Global (JGG) UNESCO. Keberhasilan ini menjadikan Indonesia tercatat sebagai anggota ke 89 dari 90 JGG yang tersebar di 27 negara. Keanggotaan JGG diberikan saat penutupan acara Konferensi Internasional Jaringan Geopark Eropa ke-11 di Arouca, Portugal, pada 20 September 2012 lalu.

"Keanggotaan ini memiliki arti penting karena untuk tergabung dalam anggota JGG prosesnya panjang dan harus melalui persyaratan yang ketat. Kita telah melakukan prosesnya sejak 2008 dan baru pada tahun ini Indonesia berhasil mendaftarkan Geopark Nasional Kaldera Batur menjadi salah satu dari 90 JGG," kata Mari Pangestu.

Kesuksesan Batur Global Geopark diharapkan dapat jadi contoh dan penyemangat untuk geopark lain di Indonesia yang ingin bergabung dalam JGG. Lebih dari itu, pengukuhan Batur Global Geopark bermakna bagi pengembangan pariwisata Indonesia untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia.

http://www.kaskus.co.id/thread/50a8125e0a75b4fe77000005/gunung-batur-resmi-jadi-anggota-jaringan-geopark-global-unesco/


TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 04.09
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar